Kamis, 28 Oktober 2010

Review Dorama : Proposal Daisakusen (2007)

Beberapa minggu yang lalu, saya mendapat dorama yang tidak terlalu baru dari kakak saya. Dorama ini berjudul Proposal Daisakusen. Saya cukup penasaran dengan dorama satu ini karena bisa membuat kakak saya yang awalnya tidak terlalu suka dengan hal – hal berbau Jepang menjadi sangat tertarik dan penasaran dengan Jepang. Terutama dorama dorama. Culture shock, barangkali…
Ia banyak menyarankan saya untuk menontonnya walau sarannya lebih sedikit ketimbang spoilers atau bocoran – bocoran ceritanya

Dorama ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Iwase Ken (Yamashita Tomohisa alias Yamapi) yang menghadiri pesta pernikahan sahabatnya sejak kecil, Yoshida Rei (Nagasawa Manami). Di pesta pernikahan tersebut, Ken akhirnya menyadari kalau sebenarnya ia sangat mencintai Rei. Namun, sifatnya yang suka seenaknya dan terlebih lagi, TIDAK SENSITIF, membuat Ken kehilangan wanita yang dicintai sekaligus teman kecilnya selama 14 tahun. Rei yang sebenarnya juga menyukai Ken pun menyerah dan menikah dengan pria lain yang tak lain tak bukan adalah mantan guru PPL Ken dan Rei di SMA serta senior Rei di universitas, Tada Tetsuya (Naohito Fujiki). Tidak hanya itu, Ken bahkan diminta memberikan pidato selamat di acara resepsi pernikahan Rei dan Tada – san. Ken pun mengucapkan selamat dengan berat hati dan berharap kalau ia bisa pergi ke masa lalu untuk mengubah takdirnya. Saat itulah, seorang Yosei atau Peri (Mikami Hiroshi) yang agak – agak aneh (karena ia mengaku peri padahal berwujud laki – laki dan lumayan rakus), mengatakan kalau ia bisa mengabulkan keinginan Ken, dengan syarat kalau Ken harus melakukan usahanya sendiri. Maksudnya, si peri hanya akan membantu Ken kembali ke masa lalu plus memberi nasihat dan saran, (yang ujung – ujungnya tidak dilaksanakan Ken dengan baik). Ken pun kembali ke masa lalu dengan satu tekad, mengubah kehidupan cintanya agar bisa bersanding dengan Rei di pelaminan.

Selain Ken dan Rei, terdapat 3 karakter pendukung yang kuat, yaitu Enokido Mikio (Hiraoka Yuta), Oku Eri (Eikura Nana), dan Tsurumi Hisashi (Hamada Gaku), sahabat kental Ken dan Rei sejak kelas 1 SMA. Karakter lain adalah Ito Matsunori atau Ito sensei (Matsushige Yutaka) yang galak tapi juga kocak, Matsuki Yuuko (Hara Fumina) kekasih Mikio yang jauh lebih dewasa dari Mikio dan glamour, serta Socrates (Watabe Gota) teman sekelas Ken di SMA yang sangat puitis dan super lebay.

Proposal Daisakusen merupakan salah satu dorama terbaik selama tahun 2007 dan dibuat episode Special – nya di tahun 2008. Kisahnya yang kocak, mengharukan, dan sarat dengan unsur persahabatan membuat Proposal Daisakusen, sayang kalau dilewatkan. Apalagi, dorama ini menyabet berbagai penghargaan bergengsi di Jepang untuk kategori serial TV.

Bagi saya yang sudah lama tidak menonton dorama Jepang (karena televisi nasional kita cukup pelit untuk memutarkannya), Proposal Daisakusen ini seolah menjadi penyegar kembali akan hal – hal unik dalam sebuah kisah drama Jepang yang tidak akan bisa ditemui di sinetron Indonesia. Tidak hanya itu, gara – gara dorama ini juga, saya jadi menyukai Yamapi (hahaha….XD)

2 komentar:

  1. ahhh ku juga nonton ni dorama dah lama.. aku pinjem jayeng. hehehehehe...
    bagus banget, langsung aku lahap berapa hari langsungan tuh...
    yamapinya cakeeeeeeeeeeppp!!!!!
    tapi ceritanya bikin geregetan pengen tak gigit!!!

    BalasHapus
  2. aku dikasih ma kakak. tapi gak iso nikmati gara2 di-spoiler terus.........TAT

    hooh, Yamapi mang cakep. aku ada lagi filmnya Yamapi, tapi belum sempat nonton.

    BalasHapus