Rabu, 04 Maret 2009

arsitektur dan struktur? hmm...



Arsitektur dan struktur menjadi bagian yang tak terpisahkan. Struktur, yang mana berkaitan dengan konstruksi suatu bangunan, menjadi bagian utama dalam suatu bangunan agar bangunan tersebut dapat tetap berdiri. Pada umumnya, struktur berupa sistem rangka utama tertutup yang artinya struktur tersebut tidak terlihat dari luar atau tertutup oleh elemen – elemen arsitektural.

Umumnya, struktur mengikuti bentuk bangunan yang didesain. Semakin rumit desain bangunannya semakin rumit pula struktur dan konstruksinya. Hal itu membuat arsitek merasa terikat dan tidak bisa berekspresi lebih bebas karena merasa kesulitan dengan penghitungan struktur dan konstruksinya.

Dewasa ini, semakin banyak program – program komputer untuk arsitektur yang tidak hanya membantu arsitek dalam mendesain bentuk bangunan namun juga memperhitungkan struktur dan konstruksinya.

Program - program tersebut memudahkan arsitek, tidak hanya dalam mendesain bentuk bangunan tapi juga dalam perhitungan struktur dan konstruksinya.

Desain bangunan plus strukturnya dapat dihitung dengan menggunakan model matematik dan graphik.

Mulai dari kekuatan, ketahanan, sampai bisa atau tidaknya dibangun. Dengan teknologi komputing, mendesain bangunan yang mustahi pun menjadi tidak mustahil lagi.

Salah seorang arsitek yang menggunakan program koputer dalam desain adalah Zaha Hadid.

Arsitek wanita satu ini dikenal dengan desain yang spektakuler dan terlihat mustahil tapi tetap eksotis.

Beberapa karyanya, antara lain Aquatic London (bawah) dan Abu Dhabi (atas).

Zaha Hadid memang dikenal sebagai arsitek yang menggunakan program komputer untuk mendesain karya - karyanya.

Sejujurnya, bagi saya sendiri yang masih mahasiswa, struktur juga menjadi suatu momok yang menakutkan. Selain karena sulit dipelajari juga karena pertanggungjawabannya dalam dunia nyata sangatlah berat. Namun, bagaimana pun juga seperti yang saya tulis di atas, struktur menjadi bagian tak terpisahkan dalam suatu bangunan. Mau sesulit apa pun harus tetap dipelajari. itu kalau mau menjadi arsitektur yang hebat.

Yah, semoga saja, dengan adanya kemajuan teknologi berupa program komputer untuk perhitungan struktur, struktur menjadi sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikkan.



Sumber gambar:

http://www.tate.org.uk/40artists40days/artworks/zaha_hadid/Aquatic_Zaha_Hadid.jpg
http://www.yankodesign.com/2007/02/02/abu-dhabi-performing-arts-centre-by-zaha-hadid/



23 komentar:

  1. Setuju banget, kita sebagai mahasiswa apalagi belum banyak pengalaman didunia arsitektur-struktur menjadi sesuatu hal yg menakutkan.
    Dampak dari itu terlihat dari desain yg kalo bisa memiliki bentuk struktur sesederhana mungkin. Hahah ..
    tapi dgn adanya teknologi komputer skg kita menjadi lebi mudah utk mengekspresikan ide gila kita ..

    BalasHapus
  2. iyah iyah,,,sepakat dengan koment di atas,,,
    semester 1/2 blm mikir struktur rancangan studio,,,tapi mulai 3-4,,duh,,,musti ati2 nih,,,para dosen udah mulai kritis ma desain kita n bagaimana di praktikan di dunia nyata,,tentunya dengan hal2 dijital itu kita bisa lebih mudah mengekspresikan ini dan itu,,,makanya,,,ayo semangat belajar program2 itu,,babat habis ide2 gila!!!!!!smangadh gan!!!

    BalasHapus
  3. Semangat2...
    struktur itu menyenangkan sekali...
    terkadang apa bia struktur nya bener..
    kita lebih mudah mengeluarkan ide2...
    Ayo..
    belajar struktur dengan Bu Medi...

    BalasHapus
  4. Arsitektur tidak bisa dipisahkan dari struktur tapi struktur dapat berdiri tanpa arsitektur.
    Saya setuju dengan pendapat tersebut. Misalnya saat membangun rumah tinggal biasa, kita tidak perlu memasukkan unsur arsitektur dalam bangunan karena hanya dengan struktur bangunan tersebut bisa berdiri.

    BalasHapus
  5. memang, struktur dapat diibaratkan sebagai "tulang" sebuah bangunan. Arsitektur-lah yang membuatnya memiliki nilai estetis. Untung sekarang sdh ada software2 yg membantu kita ttg masalah struktur..

    BalasHapus
  6. Kan mnrt km semakin rumit desain bangunan semakin rumit struktur...

    mm....mnurut saya ada bangunan yang kelihatan secara fisik sederhana, tapi ternyata strukturnya luar biasa lho...

    BalasHapus
  7. struktur dan arsitektur itu soulmate,,,sesuatu yang ga bakal bisa kepisah,,
    ak stuju klo penentuan ato perencaan masalah struktur itu menyangkut pertanggung jawaban,,klo struktur ga kuat mana bisa bangunan berdiri dan tahan lama???ya ga?

    BalasHapus
  8. struktur dan arsitektur seharusnya dipahami sebagai kesatuan, seperti mbah vitruvius said so.

    BalasHapus
  9. Struktur dan arsitektur memang satu kesatuan. Walaupun sekarang sebagai mahasiswa masih pusing soal itu..lambat laun juga bakal bisa kok!
    Coba deh..sebuah struktur bangunan dijadikan detil atau akses arsitektur bangunan..

    BalasHapus
  10. bener kata andyan..vitruvius bilang, arsitektur dan struktur itu satu kesatuan, no architecture without structure.. cuman struktur lebih independen..

    BalasHapus
  11. arsitektur dan struktur..
    sudah menjadi satu paket komplit..
    arsitektur tanpa struktur tidak mungkin terwujud,
    sebaliknya struktur tanpa sentuhan arsitektural tidak dapat 'mengena di hati'karena terasa kurang istimewa..
    Ayo..kita sbg calon2 arsitek tidak boleh takut menghadapi yang namanya struktur dan konstruksi...apalagi sekarang kita sudah dimudahkan oleh program2 digital arsitektur untuk penghitungn strukturnya..^^

    BalasHapus
  12. Yes...I agree that computer will help architect to analyze their bulding's structure...architect can make a awesome, complex n briliant idea with accurate structure with the help of cmputer...

    I don't actually agree with this
    "Pada umumnya, struktur berupa sistem rangka utama tertutup yang artinya struktur tersebut tidak terlihat dari luar atau tertutup oleh elemen – elemen arsitektural."
    have u heard bout tectonic architecure?it is an expose structure...structure is not always covered by things but it is expose,letting the people know how great its component and how accurate its structure...

    BalasHapus
  13. yap.struktur dan arsitektur mmg gabisa d pisahin..liat2 comment2 yg ada di blog ini makin banyak ilmu yg d dapat..banyak banget masukan2 yg penting banget.. aku save pages nyaa.buat d baca2 kalo net lagi error..hehehe..

    BalasHapus
  14. ibaratnya keluarga, struktur dan arsitektur itu adalah suami dan istri, bapak dan ibu...siapa anaknya? ya, bangunan-bangunan arsitektural yang bertebaran di muka bumi ini!ayo maju calon arsitek masa depan...te~he

    BalasHapus
  15. amin untuk kalimat terakhir.. tapi jangan pernah kita berpikir kemajuan teknologi jadi alasan untuk "tidak terlalu" mendalami analisis struktur secara manual..

    BalasHapus
  16. arsitektur ga bisa berdiri tanpa struktur,,
    yup semakin kompleks bangunannya semakin kompleks juga strukturnya...dengan adanya software komputer jadi memudahkan dalam mendesain terutama strukturnya..

    BalasHapus
  17. hahaha, berarti mestinya kita tertantang untuk bikin desain yg kompleks biar bisa lebih mendalami struktur...yah, tentunya sisi 'digital'nya juga harus dikembangkan untuk menunjang skill mendesain struktur....

    BalasHapus
  18. SAYA SANGAT SUPER SETUJU DENGAN KOMEN DIATAS..
    struktur sangat berpengaruh pada suatu karya arsitektur.
    mari teman teman seperjuangan, kita sama2 mendalami software2 ttg "struktur" itu.

    hajar bleeh...

    BalasHapus
  19. hem.. overall setuju sih sama tulisannya cuman kurang ada penjelasan tentang software jenis (setidaknya nama dan contoh kerja) yang dipakai zaha saat mendesain mutan flowernya.

    cos, pendekatan rekayasa itulah yang paling penting agar kita sebagai arsitek nggak takut lagi dengan berbagai bentuk yang menurut kita diluar kemampuan struktur.

    BalasHapus
  20. ati2 dengan software kayak gitu..bisa menyebabkan bentuk kita jd kaya Zaha Hadid..eh, brarti yang bikin perangkat lunaknya lebih pinter dr Zaha Hadid lho, buktinya dia sangat tergantung ma software.

    BalasHapus
  21. STRUKTUR OH STRUKTUR,,,

    iyep, saya pribadi kurang sependapat dgn statement "struktur dapat dipisahkan dari arsitektur". tdak sepenuhnya salah, tapi saia masih menjunjung konsep vitruvius ttg Firmitas, Utilitas, dan Venusitas.

    BalasHapus
  22. saya juga sependapat bahwa arsitektur memang gak bisa terpisahkan oleh struktur........
    tanpa struktur bangunan tidak bisa berdiri dengan kuat..........

    BalasHapus
  23. Struktur tidak harus dipelajari keseluruhan, tar mlh psg sdri. Itu tugas konsultan struktur..
    Yg perlu kita lakukan adalah mengenal berbagai mcm struktur dan spesifikasinya..agar dalm desain kita juga bisa menambahkan logika strukturnya. Sehinggan desain tsb mgkn untuk direalisasikan...

    BalasHapus